Magang, Skripsi, IPK, Profesi, Kerja

by - 10:39:00 PM



Hal-hal itu lagi ada di pikiran saya sekarang. Tadi ngobrol sama temen juga ngomongin soal itu. Bener-bener kepikiran, mengingat insyaAllah kuliah S1 tinggal sisa setahun kurang.

Magang. Dari dulu sebenarnya udah pengen magang. Memang sih di jurusan saya nggak ada kewajiban untuk ini. Tapi beberapa teman, juga kakak kelas, banyak yang udah ngrasain magang. Ada yang di KAP, di BI, di perusahaan, di KPP, banyak deh. Nah, habis semester 7 ini nanti kan ada libur sebulan lebih, saya pengennya magang. Kalo dulu sih pengennya di BI atau KAP. Belakangan malah sempat kepikiran pengen magang di Bandung, soalnya itu kota impian sih meskipun belum pernah ke sana. Tapi setelah pikir-pikir lagi, kayaknya nggak realistis kalo magang di luar kota. Jadi mungkin di Surabaya aja nanti. Tapi ini belum terlalu mendesak sih untuk dipikirkan. Nanti deh kalo semester 7 udah mau habis.

Skripsi. Saya baru ngeh kalau syarat ngambil skripsi itu harus udah lulus matkul metodologi penelitian. Saya baru ambil di semester ini, jadi emang sih skripsi saya harus di semester 8. Nah, tadi pagi kan udah kelas perdana metodologi penelitian. Udah disaranin untuk mutusin bidang yang mau diambil. Akuntansi kan banyak, ada akuntansi keuangan, Perpajakan, Sistem informasi manajemen, Auditing, Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi manajemen/ akuntansi biaya.. Nah, perlunya untuk memutuskan bidang yang mau diambil mulai dari sekarang adalah biar lebih fokus. Dan sebaiknya adalah bidang yang disukai, soalnya nulis skripsi itu kan tebel dan bahas itu-itu aja, kalo bukan bidang yang bener-bener disukai, nanti bisa nggak semangat. Nah, saya dari dulu sebenarnya interest ke perpajakan, tapi mengingat nilai perpajakan saya yang nggak begitu memuaskan, terus juga kepikiran kalo perpajakan tuh harus mempelajari peraturan-peraturan juga, belum lagi istilah-istilahnya yang beda, saya jadi ragu sekarang. Terus, audit juga menarik sih, tapi kalo untuk skripsi belum kepikiran. Terus sekarang jadi pengen milih akuntansi manajemen, soalnya waktu kuliah nyambung sih. Cuma, itu kan berhubungan sama akuntansi biaya, dan akuntansi biaya saya nggak begitu bagus. Bingung deh..

Terus IPK. Bener sih kata temen saya, pengen ngrasain IPS 4. Waah, bener-bener pengen banget, dan buat saya itu juga mendesak banget untuk dicapai. Sesuai perhitungan, IPK saya masih bisa dinaikin sampe ke target saya sejak awal kuliah, dengan catatan IPSnya memang harus 4 untuk semester 7 dan semester 8. Saya niat banget tuh ngitungnya pake kalkulator, soalnya awalnya sempat udah hampir nyerah untuk ngejar target, tapi sekarang jadi semangat lagi. Pokoknya mau belajar seriuuuss banget. Nggak apa-apa deh nggak ikut lomba-lomba nulis dulu, asal nilai-nilai bagus. Lagian tahun terakhir habis itu udah sidang, ujian kompre, wisuda. Kalo nggak disiapin ilmunya dari sekarang, terus gimana?

Nah, profesi. Jadi saya niatnya kan habis lulus kuliah langsung ambil pendidikan profesi Akuntansi. Cuma takutnya nggak bisa langsung. Soalnya kan semester 8 saya ambil skripsi + mau ngulang beberapa matkul lain biar IPK naik. Nah, berarti saya baru bisa sidang habis UAS, itu kan kayaknya bulan Juli. Takutnya waktu penerimaan mahasiswanya sebelum itu. Entahlah, harus nyari info lagi ini.

Terus, kerja. Iya lah kepikiran. Saya kan emang pengen ilmu saya tuh bisa bermanfaat, saya bisa jadi tenaga professional. Jadi mikirnya itu nanti mau kerja di mana, di kota apa..

Ah, banyak banget ya yang dipikirin dan harus dipersiapin. Baru juga beberapa hari jadi mahasiswa semester 7 udah begini rasanya. :D

You May Also Like

1 comments

  1. jangan terlalu idealis. seimbangkan dengan berorganisasi dan prestasi-prestasi lain. IPK memang penting untuk modal awal, tapi percayalah di dunia kerja nanti yg ditanya paling utama bukan "IPK kamu dulu berapa?" tapi "dulu pernah jadi apa aja?"

    ReplyDelete