Wis-Udah

by - 12:56:00 PM


Alhamdulillah, sabtu, 28 Maret 2015 akhirnya Siska wisuda juga. Akhirnya resmi sudah menyandang gelar Sarjana Akuntansi dengan tanggung jawab yang besar juga tentunya. Ternyataa... wisuda tuh rempong banget persiapannya. Aku mikirnya sih, semuanya rangkaian perkuliahan akhirnya selesai, jadi ya harus dirayakan.
Jarak dari sidang ke wisuda sebenarnya lumayan lama, hampir dua bulan. Meskipun begitu, banyak banget hal yang harus dilakukan pasca sidang, seperti revisi, nunggu yudisium, daftar wisuda, ambil SKL, ambil toga, ambil undangan, pembekalan wisuda, belum lagi ngurusin outfit buat wisuda. Semuanya kerasa ribet soalnya sebulan sebelum wisuda aku udah pindahan dari kost jadi aku harus PP Lamongan Surabaya kalo ada yang harus diurus di kampus. Terus, kalo cowok kan, nggak ribet ya kalo wisuda. Paling cuma nyiapin kemeja udah jadi. Kalo cewek, haduuh.... Harus njahitin atau beli kebaya, beli high heels, mikir ntar pake tas apa yang pantes buat wisudaan, belum lagi hijabnya mau kayak gimana, make up juga. So much to do...
Sebelum wisuda aku sempat bingung apakah harus nginep semalam di surabaya dulu sebelum wisuda atau langsung berangkat dari surabaya. Kalo di surabaya, aku harus ke salon di subuh hari sendirian, nggak berani... Apalagi marak berita tentang begal, meskipun adikku ketawa dan bilang, “mbak, yang kena begal tuh yang naik motor. Lha mbak naik becak, siapa juga yang mau ngebegal!” Pilihan kedua adalah langsung berangkat dari lamongan. Masalahnya aku harus tiba di Airlangga Convention Center, kampus C pukul 7.00 WIB. Mau berangkat jam berapa coba dari Lamongan? Apalagi kan harus make up dulu.
Akhirnya setelah dipikir-pikir, ya udah bismillah, berangkat dari Lamongan aja. Kan sekalian bareng keluarga. Jam berapa make up nya? Jam setengah 4 pagi. Jadi sebelum subuh udah wudhu dulu terus di make up. Rencana berangkat setengah 5 ternyata molor jadi jam 5.20 baru berangkat. Sambil harap-harap cemas bisa tepat waktu nggak. Alhamdulillah jalanan belum macet dan akhirnya nyampe juga jam 7:05 WIB. Deg-degan parah, soalnya di aturan tertulisnya kalo telat, tidak diperkenankan mengikuti prosesi wisuda sampai acara selesai. Ngga ngebayangin lah, nyiapinnya aja udah ribet banget.
Ternyata, jam segitu tuh masih banyak wisudawan yang masih di luar, tapi di dalam juga udah banyak terisi sih. Begitu masuk, kok ngga ada absensi ya? Setelah nyari tempat dudukku aku nanya ke temen, kok dapat goodie bag gitu, terus absennya juga dimana? Ternyata di stan di luar gedung yang udah dibagi-bagi per fakultas. Setelah absen, dapat kartu alumni dan lain-lain.
Terasa spesialnya itu karena, pertama kali make kebaya, pertama kali make high heels, pertama kali make up setebel itu, pertama kali pake toga (akhirnyaaa setelah sekian lama dinanti), dan juga keluarga juga ikut nganter meskipun yang bisa masuk kan cuma dua orang, ibu bapakku aja. Adikku, kakek, sepupu, om tante (aku manggilnya kak dan mbak) nunggunya di luar.
Ternyata ada prosesi yang ambil piagam wisuda itu kan. Sebelumnya lihat wisudawan-wisudawan yang terlihat di layar itu kan tiap anak pasti disorot kamera waktu disebut namanya terus jalan ke dekan untuk salaman dan dikasih piagam. Posisi dudukku ditengah gitu jadi nggak begitu kelihatan kalo nggak lihat dari layar. Aku malah mikirin topi togaku yang nggak bisa berdiri tegak, entah kenapa kebagian toga yang kainnya gitu. Takut toganya jatuh juga meskipun udah dikasih jarum pentul. Terus waktu antrian, sampe akhirnya aku yang paling depan nunggu disebut namanya, kamera udah di depan... Yang lain mah ada kamera PD aja melihat kamera, aku mah ngga PD jadi pura-pura nggak tahu ada kamera, hehe.. Introvertnya muncul.
Finally yaa foto-foto, terus waktu selesai wisuda begitu keluar ternyata udah disambut sama Akuntansi Unair 2014 dan ya anak akuntansi yang jumlahnya banyak banget gitu kan, mereka nyanyi vivat akuntansi unair sama bawa spanduk (mungkin bukan sebutan yang tepat) dan balon. Padahal aku sama temanku sebelumnya ngomongin itu balon, kan banyak banget jadi mikir masa ke wisuda bawa balonnya banyak benerr kalo buat satu orang kan wow banget... ternyata eh ternyata... buat kita. Masing-masing anak juga bawa kado gitu jadi satu wisudawan dapat satu kado, seneng lah. Makasih akuntansi 2014, semoga sukses.
Masih di tribun, adikku datang tapi nggak bawa kamera dan HPku juga pas baterenya abis, ya udah deh nggak dapat foto. Waktu foto bareng-bareng sama teman-teman akuntansi di tribun habis acara wisuda itu, heuh, ternyata wajahku ketutupan bunga yang dipegang teman sebelahku, jadi ngga kelihatan wajahnya. Nasib..
Habis itu aku dan riri ketemuan sama titi yang nungguin. Aku bilang datang aja jam 11, jadi dia nunggu gitu. Terus meskipun udah dikasih tahu ketemu dimana, butuh waktu juga untuk menemukan. Soalnya rame banget.
Setelah itu balik nemuin keluargaku, foto di studio yang ada di lokasi wisuda, pulang deh. Capek, tapi alhamdulillah udah kelar semua. Lega. Meskipun euforia wisuda nggak bisa lama-lama soalnya harus ngejar rencana-rencana ke depan juga. Pilihannya pasca kampus kan ada tiga, cari uang, cari ilmu, atau cari jodoh dulu... Itu lah yang bikin galau. Meskipun aku udah bikin rencana urut-urutannya, tapi ya berusaha sekuat tenaga dulu, setelah usaha mau gimanapun hasilnya setidaknya udah nggak ada yang perlu disesali dan berarti dapatnya apa itu memang yang terbaik. Ya intinya... aku pengen S2, nggak tahu kenapa, kalo udah pengen banget itu aku harus benar-benar ngejar, kalo nggak gitu aku bakal kepikiran. Apalagi aku orangnya bisa fokusnya itu kalo satu, satu. Ngga bisa yang sambil apply kerja terus apply beasiswa atau gimana.. Jadi, satu tahun kedepan insyaAllah fokus berjuang dapat S2. Meskipun lowongan kerja akuntansi itu sangat menggiurkan tapi nanti lah, ada waktunya. Kalo urusan jodoh, jodoh mah nggak usah dicari. Percuma kalo kita-nya udah nemu, tapi dia-nya nggak nemu-nemu. Cinta sepihak jadinya, haha... Jadi pasrah aja sama Allah.

You May Also Like

1 comments