Tiga Tahun Sejak Jadi Maba

by - 8:58:00 PM

Denger-denger SNMPTN udah diumumin yah? Seru juga kalo ngikutin, tapi kalo dipikir-pikir, tentu aja gitu. Soalnya, saya sekarang cuma jadi penonton, beda dengan teman-teman yang berjuang. Masa-masa itu sudah saya lalui.

Mungkin saya sudah sering cerita soal pengalaman transisi SMA ke kuliah, tapi sampai sekarang masih ada yang nanya, seperti kenapa saya bisa jadi maba sampai dua kali, kenapa saya pindah, saya kuliah dimana...

Ya ya, kalau ingat lagi, dulu itu emang masa-masa perjuangan banget. Oke, jujur aja, dulu saya pengen banget masuk di Ilmu komputer atau teknik informatika. Nggak tahu kenapa, saya waktu itu emang lagi seneng-senengnya dan lagi tertarik-tertariknya dengan bidang itu, meskipun nggak ngerti sama sekali.
Tapi sebenarnya baru kelas tiga kok bisa mutusin itu. Iya, kelas tiga itulah saya baru sadar kalau bentar lagi kuliah, kalau bentar lagi harus berjuang abis-abisan. Nah, saya baru nyari-nyari info soal jurusan-jurusan... terus nge-list beberapa jurusan yang saya minati, dan ilmu komputer atau teknik informatika itu ada di pilihan teratas, itu juga masih bingung nantinya ambil universitas yang mana. Saya sih dari dulu pengen banget ke barat, UI, ITB, ya kayak gitu-gitu, tapi namanya juga memperbesar kemungkinan, jadi ya ada tes dimana-mana saya ikuti aja.

Tapi saya sama sekali nggak ikut PMDK. Sejak kelas satu saya udah pengen SNMPTN aja, habis kalau ngandalin raport kan harus bagus terus prestasinya. Hiks, saya nggak tau kalau ternyata SNMPTN itu susah juga. Eits, tapi malah habis lulus SMA itu saya nggak ikut SNMPTN lho...

Jadi, ujian masuk yang pertama kali saya ikuti adalah SIMAK UI, waktu itu saya milih dua jurusan kalo ngga salah, saya ingatnya sih ilmu komputer itu pilihan pertama saya, yang lainnya udah lupa (maaf, sudah lama banget soalnya.)

Nah, ternyata saya ngga keterima. Di situ saya mulai ngerasain beratnya nyari bangku kuliah, nggak seperti di awal yang saya begitu menggebu-nggebu dan cuma percaya banget sama mimpi.
Kedua, saya coba ikut UM UGM. yang saya ingat saya ngambil Ilmu komputer, teknik nuklir.. Dan, lagi-lagi gagal.

Saya jadi mikir lagi, jangan-jangan saya emang nggak sepintar itu, masih belum dalam tahapan pintar yang dibutuhkan. Ya, saya mulai panik, gimana nih kalo nggak keterima dimana-mana.

Akhirnya saya juga daftar STAN, IT Telkom (itu aja yang saya ingat). Sudah bayar biaya pendaftarannya (orang tua saya baik banget deh mau bayarin semua itu, benar-benar mendukung sepenuhnya.), tapi saya ngga sempat ikut ujian STAN dan IT Telkom.

Dan itu karena... Ujian masuk ketiga yang saya ikuti adalah UMB. Seingat saya UMB itu boleh milih 4 pilihan (saya ambil ipc) tapi harus dua universitas. Saya ambil lagi ilmu komputer UI dan satunya lupa.. terus jurusan IPSnya saya ambil ilmu filsafat di pilihan ketiga dan pilihan keempat itu sastra indo UNJ.

Waktu itu saya nggak ngerti sih soal filsafat, tapi saya taunya itu ada di FIB dan kalau fakultasnya sih saya udah suka dari kecil. Paman saya yang juga alumni FIB ngasih pandangan soal filsafat, katanya asik, kita jadi punya pengetahuan luas dan bidang ilmunya pun seru, cocok untuk saya, seingat saya sih gitu. Saya yang emang dasarnya suka dengan hal-hal baru akhirnya milih itu.

Akhirnya datang pengumumannya, saya lihat dari HP soalnya di desa saya ngga ada warnet. Saya biasa main internet aja kalau lagi kost, soalnya kost saya kan di pusat kota berhubung SMA-nya di sana.
Ternyata.. saya diterima di ilmu filsafat...

Keluarga saya udah senang-senang aja kan... saya di suruh ambil. Saya ingat waktu itu saya langsung masuk kamar dan.. nangis. Bukan, bukan nangis terharu atau senang. Well, saya bersyukur akhirnya dari sekian test saya diterima juga, di UI lagi! Tapi kalau saya mengambil itu, berarti saya tidak bisa mengikuti SNMPTN karena daftar ulangnya pas di hari itu. Dengan kata lain, impian saya untuk masuk ke jurusan yang berbau komputer itu, no hope.

Tapi SNMPTN-nya jurusan yang saya pilih bukan ilmu komputer UI, karena kuota dari SNMPTN kecil banget, saya nggak berani. Soalnya kan waktu itu SNMPTN itu udah yang perjuangan puncak banget gitu, kalau gagal, ya sudah.. nunggu tahun depan. Mana saya tahu yang kaya' di Unair gitu.. masih ada jalur masuk lain habis SNMPTN. Waktu itu referensi saya paling banyak ya UI. dan UI emang paling akhir ya SNMPTN. Jadi saya ngambilnya Teknik Informatika ITS, dan dua-nya lagi saya lupa (semudah itu ya bisa lupa, padahal dulu setiap pilihan jurusan itu mikirnya bener-bener susah, menguras tenaga.)

Yah, tapi saya ngga bisa merasakan ujian SNMPTN, ibaratnya, belum tanding udah gagal duluan, tapi di sisi lain saya juga bersyukur banget udah dapat satu tiket masuk UI. Buat saya itu juga perjuangan yang hebat. Saya masih ingat gimana saya harus ambil les IPC, maksain belajar IPS SMA yang saya emang nggak suka banget waktu itu, dan keterima Filsafat UI, itu prestasi besar buat saya.

Dan ujian-ujian lain yang saya udah daftar..? Orang tua saya menyarankan untuk melepasnya, seperti juga SNMPTN. Bye...

Nah, saya mengambil pelajaran dari sana. Waktu itu saya nggak terlalu melibatkan orang tua saat ngambil jurusan yang saya pilih. Orang tua saya mah dari dulu pengen anaknya jadi dokter, tapi bidang itu saya nggak suka banget. Akhirnya jurusan-jurusan yang saya pilih adalah dari pemikiran saya sendiri, dan berhubung orangtua saya bukan tipe otoriter, mereka membiarkan saja walaupun berat hati. Harusnya kalau ngulang ke masa itu, saya harus lebih banyak berdiskusi dengan orang tua, soalnya kan walaupun ini hidup saya dan saya yang kuliah, tapi kan orang tua yang udah besarin saya dan yang ngebiayain kuliah. Apalagi kalau saya lihat dari sudut pandang saya sekarang, untuk usia saya waktu itu tuh emang masih labil dan butuh bimbingan. Buktinya, saya milih jurusan aja bingung banget dan berubah-ubah walaupun pilihan pertamanya ya ilmu komputer.

Nah, terus intinya saya udah masuk filsafat, senang kalo dengerin dosen-dosen ngajar, ngasih ilmu yang benar-benar baru, neranginnya juga enak, bikin cara pandang beda juga. Saya jadi lebih peka dengan isu-isu yang ada. Yang awalnya nggak pernah nonton berita jadi ngikutin terus. Awalnya cuek-cuek aja jadi banyak mikir kalau ngelihat permasalahan nasional atau global.. hehe

Tapi-tapi, saya masih aja kepikiran sama jurusan yang saya inginkan. Itu yang membuat saya nggak bisa sepenuh hati ke filsafat. Akhirnya saya mutusin mau nyoba lagi, saya ceritakan semua ke orang tua. Awalnya sih nggak setuju ya, tapi akhirnya dibolehin juga.
dan saya coba lagi dari SIMAK UI, UMB, SNMPTN, untuk ambil ilmu komputer UI. Dan semua itu gagal. jadi kalau dihitung-hitung, saya udah coba ngambil ilmu komputer itu lima kali dan semuanya nggak sukses. Emang nggak jodoh ya...

Nah, di saat saya akhirnya keterima di Akuntansi Unair dan saya mengikuti pendapat orang tua kali ini, barulah saya menyadari telah jadi orang yang nggak bersyukur selama ini. Ternyata ninggalin Filsafat UI itu berat banget. Ya filsafatnya, FIB-nya, UI-nya, dan segala macamnya. Sebenarnya alasan lain saya ngga sepenuh hati menjalani kuliah di filsafat selain masih kepikiran dengan jurusan yang saya tuju adalah banyaknya ucapan-ucapan nggak enak yang seakan meremehkan. Ya sebenarnya bisa dipahami sih, mereka kan nggak tau filsafat gimana, padahal saya yang njalani ya senang-senang aja sebenarnya tapi... mereka mandangnya lho.. nggak enak banget. Seakan-akan saya masuk filsafat itu karena nggak ada pilihan lain, seakan masuk filsafat itu.. yah.. padahal mereka nggak ikut ngerasain, nggak biayain saya juga. Orang tua saya aja biasa-biasa aja, malah mendukung. Huff.. memang harusnya saya nggak mendengarkan suara-suara yang nggak enak itu, yang membuat saya merasa perjuangan berat saya masuk filsafat UI itu diremehkan, karena secara nggak langsung mereka ngomong gitu. Yah, bisa dihitung jari sih yang ngomong, tapi kan nggak enak juga dengernya. Saya lho berjuang banget, orangtua saya juga berjuang biayain saya, saya di jurusan juga belajar serius, jumlah sks-nya sama... kenapa dipandangnya gitu??? Jujur, di saat-saat itu saya sangat menganggap itu masalah. Padahal harusnya sih cuekin aja, toh nggak semua orang bisa masuk UI, bisa kuliah. Yang waktu saya UMB itu aja cuma diambil 10 orang yang keterima di filsafat. Harusnya saya bersyukur. Itu bukan hal mudah, nggak semua orang bisa merasakannya.

Tapi saya sih masih bego banget waktu itu. Akhirnya saya menganggap kuliah di filsafat itu beban juga, padahal saya sebenarnya sangat senang dengan dunia baru itu. Ditambah lagi, keinginan di jurusan yang saya ingin masih nggak bisa saya lupakan.

Waktu akhirnya memutuskan masuk di Akuntansi Unair itu lah saya baru merasakan, sedih banget ninggalin kehidupan yang saya jalani setahun itu, yang sebelumnya selalu saya keluhkan hanya karena masalah-masalah kecil, ternyata berat banget untuk saya tinggalkan. Saya baru sadar, selama ini saya nggak bersyukur sama Allah. Saya selalu mengeluh saja, padahal saya sudah dapat banyakk banget selama saya kuliah di UI. Allah sudah ngasih banyak banget, saya juga udah jadi jauh lebih baik dengan pengalaman dan pelajaran yang saya dapat, yang tidak saya sadari hingga ketika akhirnya saya harus meninggalkan semua itu, baru kerasa.

Dan itu jadi pelajaran besar buat saya, apa yang kamu keluhkan itu bisa jadi sangat berharga. Allah itu jauh lebih tahu dari saya. Tinggal saya aja yang harus yakin kalau Allah pasti ngasih yang terbaik, dan memang selama ini Allah selalu memberi saya yang terbaik. Lama-lama kita akan menyadarinya.

Dan, di kampus baru, walaupun kanget berat sama kampus lama, saya sudah belajar untuk nggak mengeluh lagi. Dan emang kerasa banget bedanya. Ketika nggak ngeluh, hidup itu jauh lebih ringan dan menyenangkan. Itulah pentingnya bersyukur atas semua yang kita punya dan kita dapat.

Dan itulah masa-masa lalu itu.... Tiga tahun sudah sejak lulus SMA. ulang tahun saya yang ke-18, saya ada di jakarta dalam rangka daftar ulang mau masuk UI. Terus yang ke-19 saya di rumah lagi mau masuk Unair (ya, masa-masa itu lah pokonya, daftar ulang segala macam). Ulang tahun ke-20 saya di kost, sudah satu tahun di Unair. dan ulang tahun yang ke-21 ini juga di kost, sudah mulai mengejar mimpi-mimpi ala mahasiswa.

Anyway sudah lama sekali, sedih, sesal, senang, bimbang itu semua sudah berlalu. Nggak semua yang kita ingin itu bisa kita dapat, tapi kalau kita berusaha keras, Allah pasti akan ngasih yang terbaik untuk kita. Nggak masalah gagal atau berhasil, tergantung bagaimana menyikapinya. Karena, gagal atau berhasil itu tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Saya nggak keterima ilmu komputer UI sampai lima kali? Udah benar-benar gagal kan kalo dilihat.
Saya keterima ilmu filsafat UI? Berhasil kan, atau bisa dibilang gagal juga..
Saya keterima akuntansi Unair? Gagal atau berhasil?
Nggak, nggak semudah itu memberi label gagal atau berhasil, tapi yang jelas, bersyukur itu sangat penting. Dan sabar juga sangat penting.

"...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al-Baqarah: 216)

Saya selalu yakin bahwa sesudah kesulitan itu akan ada kemudahan. Seperti juga firman Allah SWT dalam Al-quran:

"Karena sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan" (QS Al Insyirah: 5-6)
Ayat itu sangat menguatkan saya. Dan memang, kalau diingat-ingat lagi, berkali-kali saya merasa tengah menghadapi masalah yang sangat berat, tapi berkali-kali juga Allah selalu menolong saya untuk melaluinya.
Jadi intinya, tetap semangat, tetap bermimpi, selalu bersyukur, dan selalu bersabar.

You May Also Like

13 comments

  1. Wah, asyik banget baca cerita Siska. Kau penulis yang keren! teruslah menulis sobat. Membaca ceritamu ini, saya patut bilang "Kau luar biasa nak!". Dari beberapa tes perguruan tinggi, Siska telah mencoba. Berbeda dengan saya, karena saya sadar bahwa saya gak punya uang untuk kuliah akhirnya cita-cita saya untuk kuliah di UGM dan UNY saya hapus dalam keinginan saya. Jadi, setelah lulus SMA saya hanya ingin kuliah saja yang penting murah dan saya bisa membiayai sendiri. Akhirnya saya memilih di UIN Jogja yang biayanya sangat murah. Klo teman-teman bilang, UIN Jogja itu paling murah sedunia akhirat. Hehe Ini sedikit cerita yang sempat saya tuliska, bisa dilihat di link ini http://mnurulikhsansaleh.blogspot.com/2011/10/tulisan-penutup-berawal-dari-semangat.html

    ReplyDelete
  2. iya, makasih mas.. :)
    memang masuk kuliah itu tahapan yang cukup berat dan butuh berbagai pertimbangan

    ReplyDelete
  3. hai mbak, dulu keterima d Filsafat UInya tahun berapa ya? heheh
    Perkenalkan, saya Baiquni. Filsafat UI angkatan 2011. Dan taukah? waktu SMA saya juga pengen banget bisa kuliah di Ilmu komputer/teknik informatika/sistem informasi. Tapi karena pertimbangan satu dan lain hal terutama biaya. Akhirnya saya malah milih filsafat di pilihan kedua setelah gagal di ilmu politik. Ah, Tapi tetap saja, saya sangat bersyukur bisa kuliah, bahkan kuliah dibiayai rakyat dengan bidikmisi :D
    oya, filsafat memang sangat menyenangkan mbak, bahkan bnayk teman saya yg kuliah di sosiologi, akuntansi, ataupun ilmu ekonomi yg iri dengan studi saya ini. Karena studi yg lain itu terlalu biasa dan ga ada perkembangan menurut mereka sendiri. eheheheh
    sekali lagi salam kenal ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Hai Baiquni... salam kenal juga :D
    saya dulu filsafat '09. Iyah, kuliah filsafat emang asik kok, saya kadang juga kangen.. hehe
    wah2, sempet pengen ilkom juga? tapi itu masa lalu kan ya... sekarang tinggal serius belajar aja di jurusan yang kita ambil :)
    semangat terus ya di filsafat, makasih udah mampir di blog saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. Sekarang saya sudah lulus dari filsafat UI. Saatnya manatap masa depan yg lebih cerah :))

      Delete
    2. Wah.. selamat menyambut masa depan yang cerah yaa Baiquni :D

      Delete
  5. filsafat jauh lebih menyenangkan dari akuntansi dan ilmu lainnya...anda belum mampu memahami tujuan hidup anda selain akhir dari perjalanan hidup anda adalah bekerja dan hanya bekerja...bahkan sedikit egois untuk ke[pentingan anda sendiri

    ReplyDelete
  6. Belajar filsafat menyenangkan, begitu juga akuntansi. Bagi saya tiap-tiap bidang ilmu punya keunikan tersendiri. Saya bersyukur sempat kuliah filsafat, dan sekarang saya punya tanggung jawab menyelesaikan studi saya di akuntansi dengan baik.

    Terima kasih atas pendapatnya..

    ReplyDelete
  7. kalau menurut saya semua tergantung niat dan minat dari masing-masing. grosirgamiskurmurah

    ReplyDelete
  8. wah, bagus nih. tp kalo masalh kerja stelah dr f.filsafat gmn ya?

    ReplyDelete
  9. Salam kenal kak
    Bagus tulisannya kak, saya masih kelas 3 sma mau ambil teknik informatika di its, ya mudah2an diterima, tapi kalo nanti nasibnya diterima beda sama keinginan kayak kakak masih belum ada gambaran mau nerima apa enggak, lagian saya masih belum bisa merasakan bagaimana perjuangannya nanti, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :D
      Aamiin semoga dapet yaa..
      Semangat selalu dan selamat berjuang

      Delete
  10. Assalamualalaikum..

    Wah, baca dari awal sampai akhir, walaupun artikel lama, bikin merinding kata-katanya, sampai terharu saya :')

    ReplyDelete